Mencari Ridho Dan Hidayah Allah SWT dengan penuh semangat Bismillaahirrahmaanirrahiim

Senin, 18 Januari 2016

Sakit Maag

     Sakit maag atau yang dikenal juga sebagai dispepsia, merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak asing lagi di telinga. Kondisi ini terjadi berawal ketika radang terjadi pada dinding lambung bagian dalam. Radang lambung yang sering atau terus-menerus berlangsung membuat lapisan dinding lambung bagian dalam terkikis sehingga terbentuklah luka yang disebut tukak lambung. Rasa sakit seperti perih atau panas dari leher hingga bagian tengah perut, merupakan gejala umum dari sakit maag.
Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.
Sebenarnya ada kondisi serupa lainnya yang disebut tukak duodenum (bagian pertama dari usus halus), namun radang dan kemudian luka ini terjadi pada usus halus. Berbeda dengan radang pada lambung yang mana rasa perih muncul pada saat makan, rasa perih akibat radang atau luka pada usus halus muncul sekitar 2-3 jam setelah makan. Sakit maag dan tukak duodenum dikategorikan sebagai tukak peptikum.
Di Indonesia, sakit maag merupakan kondisi kesehatan yang sangat umum dan bisa diderita siapa saja. Menurut data yang diperoleh dari International Data Base tahun 2004 saja, diperkirakan setidaknya 3 juta orang dari 238.452.952 total penduduk Indonesia menderita tukak lambung.
Jenis maag
Secara garis besar, ada 2 jenis penyakit maag, yakni:
1.      Gastritis Akut
 Penyakit maag akut adalah inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) akut dari lambung, dan biasanya terbatas hanya pada muklosa. Penyakit maag akut dapat terjadi tanpa diketahui penyebabnya.
2.      Gastritits Kronis
 Lambung penderita penyakit maag kronis mungkin mengalami inflamasi (reaksi tubuh terhadap mikroorganisme dan benda asing yg ditandai oleh panas, bengkak, nyeri, dan gangguan fungsi organ tubuh) kronis dari tipe gangguan tertentu, yang menyebabkan gastritis dari tipe yang spesifik yaitu gastritis kronisa.

Jenis penyakit maag yang dilihat berdasarkan tingkat keparahan, dibedakan menjadi

  • Maag ringan
  •  Maag ringan masih tergolong tahap ringan dimana biasanya setiap orang sudah berada di tahap ini, jika dilakukan pemeriksaan akan terlihat asam lambung berlebih di bagian dinding.
  • Maag sedang
  • Maag pada tahap ini sudah menyebabkan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan.
  • Maag kronis
  • Maag kronis adalah maag yang sudah parah intensitasnya di bandingkan maag biasa.
  • Kanker lambung
  • Kanker lambung terjadi akibat mikroorganisme yang merugikan, yaitu Helycobacter pylori.

Penyakit Maag Asam Lambung
      Perasaan perih yang dirasa pada perut di bagian kiri atas atau sekitardaerah lambung hal ini adalah salah satu tanda dari penyakit maag. Mual yang dirasa pada dada juga merupakan salah satu gejala dari penyakit maag. Penyakit maag asam lambung adalah penyakit yang disebabkan dengan meradangnya atau cedera pada lambung yang bisa menyebabkan sel=sell darah putih bermigrasi ke dinding lambung. Dinding lambung ini kemudian mengalami suatu pembengkakan. Namun penyakit maag asam lambung ini belum berarti adanya suatu luka di lambung.
       Penyebab dari penyakit maag asam lambung bisa disebabkan karena adanya suatu infeksi, suatu iritasi, gangguan autoimun, atau juga aliran balik empedu ke lambung.Infeksi yang terjadi biasanya karena disebabkan oleh adanya suatu bakteri atau juga virus. Sedangan iritasi yang terjadi di lambung ini karena disebabkan karena makanan atau juga obat-obatan.
    Beberapa obat yang bisa menyebabkan masalah iritasi pada lambung misalnya adalah obat Anti-Inflamasi Non-steroid (NSAID) dan juga aspirin, serta obat lainnya. Makanan yang sifatnnya terlalu asam dan juga pedas bisa menyebabkan masalah iritasi pada lambung yang terjadi secara berlebihan, gangguan muntah yang kronis dan juga hal lainnya. Penyakit maag asam lambung ini bisa terjadi secara mendadak atau juga bisa terjadi secara bertahap.
  Gejala penyakit maag asam lambung ini biasanya tidak dirasakan sama sekali. Namun, yang dirasakan untuk beberapa kali adalah cegukan, kurangnya nafsu makan, rasa mual, muntag dan kadang bisa muntah dengan sedikit darah atau juga keluar cairan seperti kopi dan bisa juga kehitaman pada warna feses atau tinjanya.
  Pengobatan penyakit maag asam lambung bisa dilalukan tergantung dari penyebab spesifiknya. Jika yang disebabkan karena penggunaan aspirin atau juga karena obat lainnya, maka coba hentikan pemakaian obatnya. Namun, pada sebagian kasus yang terjadi pada penyakit maag ini menetrallkan asam lambung dengan menggunakan obat-obat penekan asam lambung biasanya bisa membantu untuk mengatasi suatu gejala atu obat-obatanya sama dengan yang digunakan pada penyakit tukak lambung.
Penyebab Maag
Penyebabnya bisa karena penderita makan secara tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak. Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.
Gejala
·         Sakit saat buang air besar
·         Mual dan muntah
·         Sering merasa lapar
·         Perut kembung
·         Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada
·         Sering bersendawa
Pengobatan Maag
Sakit maag akan sembuh jika ditangani sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Penting untuk mengetahui dan mengatasi penyebab dasar maag karena kadang-kadang kondisi radang yang baru bisa kambuh kembali.
Obat yang biasanya disarankan untuk mengobati sakit maag adalah penghambat pompa proton (PPP) seperti lanzoprazole dan omeprazole. Obat ini mampu menurunkan kadar asam dalam sistem pencernaan sehingga memungkinkan radang untuk sembuh. Anda bisa menggunakan kombinasi antibiotik jika sakit maag disebabkan oleh bakteri H. pylori.Antibiotik dapat membasmi bakteri tersebut dan mencegah radang untuk kambuh.
Jika radang disebabkan oleh penggunaan OAINS seperti ibuprofen, maka hentikan dahulu penggunaan obat tersebut, lalu gunakan PPP untuk menyembuhkan radang. Namun jika yang menjadi penyebab radang adalah aspirin, terkadang konsumsinya tetap perlu diteruskan, tergantung alasan kenapa aspirin tersebut diresepkan sebelumnya oleh dokter. Penanganan dari dokter akan disesuaikan dengan kondisi pasien.
Jenis Obat:
Antasida.
Maag bisa disembuhkan tetapi tidak bisa sembuh total, maag adalah penyakit yang dapat kambuh apabila si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Biasanya untuk meredakan atau menyembuhkannya penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. Tetapi maag dapat di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.
Obat-obatan untuk sakit maag umumnya dimakan dua jam sebelum makan dan dua jam sesudah makan. Adapun dengan tujuan obat dikonsumsi dua jam sebelum makan yaitu untuk menetralisir asam lambung, karena pada saat tersebut penumpukkan asam lambung sudah sangat banyak dan di dalam lambung penderita pasti telah terjadi luka-luka kecil yang apabila terkena asam akan terasa perih. Kemudian obat yang diminum dua jam sesudah makan bertujuan untuk melindungi dinding lambung dari asam yang terus diproduksi. Akhirnya dua jam setelah makan, asam yang di lambung akan terpakai untuk mencerna makanan sehingga sudah ternetralisir dan tidak akan melukai dinding lambung.
Obat-obatan yang biasanya digunakan:
1.     Antasida (Menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri)
2.     Pompa Proton pencegah pertumbuhan bakteri(Menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeksi bakteri helicobacter pylori)
3.     Agen Cytoprotektif (Melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus)
4.     Obat anti sekretorik (Mampu menekan sekresi asam)
5.     Pankreatin (Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas)
6.     Ranitidin (Mengobati tukak lambung)
7.     Simetidin (Mengobati dispepsia)
Selain itu penyakit ini dipercaya memiliki beberapa jenis minuman dan makanan yang kurang baik untuk dikonsumsi yaitu: (Butuh Rujukan Dokter)
1.     Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung antara lain : kopi, anggur putih, sari buah sitrus, dan susu.
2.     Makanan yang sangat asam atau pedas seperti cuka, cabai, dan merica (makanan yang merangsang perut dan dapat merusak dinding lambung).
3.     Makanan yang sulit dicerna dan dapat memperlambat pengosongan lambung. Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung antara lain makanan berlemak, kue tar, coklat, dan keju.
4.     Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah sehingga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti alkohol, coklat, makanan tinggilemak, dan gorengan.
5.     Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak serat, antara lain:
·         Sayur-sayuran tertentu seperti sawi dan kol
·         Buah-buahan tertentu seperti nangka dan pisang ambon
·         Makanan berserat tinggi tertentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan
·         Minuman yang mengandung banyak gas (seperti minuman bersoda).
Selain itu, kegiatan yang dapat meningkatkan gas di dalam lambung juga harus dihindari, antara lain makan permen khususnya permen karet serta merokok.
Komplikasi akibat sakit maag sebenarnya jarang terjadi dan diperkirakan hanya dialami dua dari seratus orang. Meski begitu, sakit maag berpeluang menyebabkan kondisi yang serius seperti:
  • Obstruksi lambung atau radang yang menghalangi laju makanan melalui sistem pencernaan.
  • Perforasi atau robeknya lapisan lambung di titik radang.
  • Pendarahan di titik radang.
Meski jarang memakan korban jiwa, namun komplikasi di atas dianggap sebagai keadaan darurat medis. Mereka yang paling berisiko terkena komplikasi sakit maag fatal adalah yang usianya sudah di atas 70 tahun.

Saat yang tepat untuk mengunjungi dokter

Jika merasakan sakit maag, Anda disarankan untuk selalu memeriksakan diri ke dokter. Terlebih lagi jika Anda mengalami gejala seperti muntah darah, mengeluarkan tinja berwarna hitam, serta merasakan nyeri tajam yang muncul secara tiba-tiba dan makin buruk di daerah perut, sebaiknya Anda segera ke rumah sakit atau hubungi dokter. Dikhawatirkan gejala-gejala tersebut merupakan tanda adanya komplikasi, seperti pendarahan dalam.
Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag.
Jika Anda memiliki riwayat maag, cobalah untuk menghindari makanan dan minuman berikut ini:
-          Makanan gorengan, serta makanan yang terlalu asam
-          Hindari makanan pedas terutama yang mengandung tomat, sebab tomat mengandung banyak asam
-          Makanan yang terlalu manis (banyak gula)
-          Hindari makanan berlebihan saat berbuka dan sahur serta jangan sampai telat berbuka puasa
-          Hindari kopi, teh dan rokok serta obat-obatan yang dapat melukai dinding lambung.
Berikut beberapa makanan yang dapat direkomendasikan untuk penderita maag, guna membantu menghindari munculnya gejala maag:
-          Makanan yang mengandung karbohidrat saat sahur
-          Beberapa jenis buah-buahan seperti pisang
-          Konsumsi jenis kacang-kacangan seperti almond
-          Saat berbuka puasa mulai dengan makanan porsi kecil
-          Jangan lupa untuk mengkonsumsi obat-obatan yang wajib saat sahur dan berbuka puasa

Ramuan Tradisional Sakit Maag Dan Alami


1. Ramuan Tradisional Sakit Maag Menggunakan Kunyit

– 2 batang kunyit yang sudah dicuci bersih
– kemudian kunyit diparut beri sedikit air secukupnya
– lalu peras air kunyit tadi yang sudah ditambahkan air
– masukkan ke dalam gelas. kemudian minum sehari 2 kali, pagi dan sore hari, usahakan sebelum makan
2. Ramuan Tradisional Sakit Maag Menggunakan Daun Jambu Biji

– Siapkan daun jambu biji sebanyak 9 lembar
– Rebus daun jambu biji tersebut menggunakan 1,5 liter air sampai mendidih
– Kemudian saring airnya
– Minum ramuan tersebut sehari tiga kali
3. Ramuan Tradisional Sakit Maag Menggunakan Biji Pepaya

– Ambil biji pepaya secukupnya
– biji pepaya kemudian dijemur sampai kering
– setelah kering, biji pepaya ditumbuk sampai halus
– setelah halus, seduh tumbukkan biji pepaya tersebut, dan minumlah secara teratur
4. Ramuan Tradisional Sakit Maag Menggunakan Kedelai

– Siapkan 1/2kg biji kedelai
– Lalu goreng kedelai tersebut tanpa minyak (Sangrai)
– Setelah disangrai, kedelai ditumbuk sampai halus
– Kemudian tambahkan air panas, seperti menyeduh kopi
– Minum ramuan tradisional tersebut secara rutin 3 kali sehari selama 2 Minggu
– Untuk mencegah sakit maag, Anda cukup meminum sehari sekali
5.  Ramuan Tradisional Sakit Maag Menggunakan Madu dan lidah buaya
Khasiat madu untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi, Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, madu juga berkhasiat untuk melindungi lambung dari bakteri dan kuman. Sedangkan lidah buaya sama seperti kunyit yang terkandung minyak atsiri. Selain itu zat aloebarbadiod dan aloemoedin pada lidah buaya mampu memperlancar sistem perncernaan. Untuk mengobati sakit maag dengan dua bahan alami ini sebagai berikut :
  • Siapkan 500gram lidah buaya
  • Kemudian potong dan cuci bersih hingga lendirnya hilang (cuci di air yang mengalir atau di air kran)
  • Setelah bersih, haluskan lidah buaya menggunakan blender untuk dijadikan jus
  • Kemudian tambahkan madu secukupnya.
  • Minum ramuan obat sakit maag tradisional tersebut 2 kali sehari.

6.  Ramuan Tradisional Sakit Maag Menggunakan Buah alpukat dan daunnya

Alpukat yang banyak terkandung vitamin A, B komplek, E dan D juga mampu mengatasi sakit maag, Mengobati sakit maag dengan alpukat cukup mudah yakni Anda hanya tinggal konsumsi alpukat secara mentah, Anda juga bisa membuatnya sebagai jus Namun jangan tambahkan dengan Gula. Selain buahnya, ternyata daun alpukat juga efektif untuk mengatasi sakit maag kronis. Cara membuatnya seperti berikut
  • Ambil 5 lembar daun alpukat kemudian rajang kecil kecil
  • Tambahkan air panas
  • Biarkan sampai air menjadi hangat dan air berubah warna
  • Kemudian minum ramuan tersebut saat masih hangat

Itulah beberapa obat sakit maag tradisional yang ampuh meredakan sakit maag. Namun sakit maag apakah bisa sembuh total dengan obat tradisional diatas? jawabannya tidak, karena sakit maag merupakan sebuah penyakit yang dapat kambuh kembali jika penderitanya makan tidak teratur (sering telat makan) dan makan terlalu banyak.
Untuk itu agar sakit maag tidak kambuh lagi sebaiknya jaga pola makan Anda secara teratur. Ini merupakan cara terbaik untuk mencegah sakit maag kambuh kembali. Itulah beberapa cara untuk mengobati sakit maag tradisional alami yang bisa Anda buat di rumah, semoga bermanfaat.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar